Reseller, MLM dan sejenisnya

Monday, November 19, 2012


Banyak cara yang ditawarkan untuk memulai sebuah bisnis. ada yang menawarkan kita sebagai seorang reseller, distributor atau apalah namanya. Jika kita telaah lebih dalam maka kita akan menemui sebuah konsep yang mendasar dalam dunia bisnis sekarang. Konsep tersebut adalah MLM.

Ya, MLM atau yang lebih kita kenal sebagai multi level marketing. Hampir setiap hari kita akan menemui MLM dalam kehidupan kita sehari-hari secara sadar atau pun tidak sadar. Kebanyakan MLM itu merebak di Negara berkembang. Sebut saja CNI, amway, oriflame dan banyak lagi.

Lho kok bisa kita ini hidup dalam sebuah sistem MLM? Padahal kita tidak pernah ikut dalam bisnis MLM. Coba kita pikirkan MLM adalah sebuah sistem dimana produsen meminta konsumennya untuk memasarkan produk mereka. Dan hal ini sering kita temui. Baik pada orang-orang yang skeptic terhadap MLM ataupun orang – orang yang hidup dari MLM.

Sadarkah kah kita ketika kita bekerja untuk orang lain maka kita akan termasuk kedalam sebuah jaringan? Dan MLM itupun berkembang dari jaringan dari anggotanya. Orang-orang yang skeptic pada MLM sering berkata bahwa kita hanya akan memperkaya orang yang menjadi leader kita. Ada benar nya kata-kata mereka itu tapi apakah mereka pernah berfikir bahwa ketika mereka bekerja pada sebuah organisasi bahwa mereka hanya akan memperkaya sebagian orang yang ada dalam organisasi itu?
Menjadi seorang reseller pun akan demikian. Kita secara langsung menjadi seorang marketer dari sebuah atau beberapa produk yang ditawarkan. Baik itu berupa barang ataupun berupa jasa. Sehingga kita harus pintar dalam memilah-milah produk yang akan kita jual. Oleh karena itu kita harus cerdas dalam memilih MLM atau bisnis yang akan kita jalani.

Ya, core dari sebuah bisnis adalah “ini untuk itu”. Sehingga untuk mendapatkan keuntungan yang lebih maka kita harus memperluas jaringan kita. Nah, bertemu dengan kata jaringan maka bisa diasumsikan kalau bisnis itu juga MLM yang berbasis pada jaringan.
Jadi ketika kita memutuskan untuk menjalankan sebuah bisnis maka kita harus siap menerima dengan segala resiko nya. Ada bisnis yang minim resiko ada pula bisnis yang beresiko besar. Seperti hal yang yang pernah saya muat dalam artikel “Kiat memilih MLM”.

0 comments:

Post a Comment

 
Bisnis Online | Peluang Usaha | Kiat Sukses © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions